Cara Pohon Nangka Melindungi Diri

Cara Pohon Nangka Melindungi Diri


Cara Pohon Nangka Melindungi Diri - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon nangka biasanya mempunyai ukuran tengah, sampai seputar 20 m tingginya, meski ada yang menggapai 30 meter. Batang bulat silindris, hingga berdiameter kurang lebih 1 meter. topiknya padat dan lebat, melebar serta membulat apabila ditempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan keluarkan getah putih pekat jikalau dilukai.

Daun tunggal, menyebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3, 5-12 × 5–25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit buat sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, gampang rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.

Tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan tampil pada ketiak daun pada pucuk yang pendek serta spesial, yg tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol berupa gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 cm, dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar kalau masak. Bunga nangka disebut babal. Setelah melalui usia masaknya, babal bakal membusuk (ditumbuhi kapang) dan menghitam semasa masihlah di pohon, sebelumnya akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.


Cara Pohon Nangka Melindungi Diri


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Cara Pohon Nangka Melindungi Diri


Cara Pohon Nangka Melindungi Diri


kegunaan Buah Nangka


Nangka sebagai sumber kalori, namun ialah kandungan gula yg simpel seperti fruktosa dan glukosa yang dapat langsung dirubah jadi kekuatan. beberapa mineral pentung serta nutrisi terkandung dalam nangka seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C serta mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium serta seng. makanya membuatnya mutlak utk dikonsumsi sabagai menu buah harian. Berikut ini lebih dari satu faedah nangka untuk badan :

- 100 g nangka yang dikonsumsi juga akan sediakan 95 kalori. Buah ini daging yg lembut dan gampang diolah dengan kandungan gula simpel seperti fruktosa serta sukrosa. waktu buah nangka ini dikonsumsi juga akan segera isikan ulang kekuatan dan merevitalisasi badan dengan segera. Tapi jangan sampai terlalu banyak dalam sekali makan, karena mau mengakibatkan gas dalam perut.
- Nangka kaya akan serat makanan, yang membuatnya jadi pencahar yg baik. Kandungan serat menunjang buat perlindungan selaput lendir usus dengan cara mengikat serta membuang bahan kimia pemicu kanker usus besar.
- Buah nangka fresh mengandung sejumlah kecil vitamin-A, serta pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein dan cryptoxanthin-b. Senyawa ini secara bersama-sama memainkan andil mutlak menjadi anti-oksidan dan mengoptimalkan penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan buat merawat integritas membran lendir serta kulit. Manfaat buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A, serta karotenoid telah ditemukan buat perlindungan paru-paru dan kanker rongga mulut.
- Selain itu, nangka menjadi sumber anti-oksidan vitamin C yang menyediakan kira-kira 13, 7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C menunjang tubuh meningkatkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas beresiko. Vitamin C juga mampu jadi antioksidan yang mampu melawan sel degenaritif yg memicu terjadinya tanda kanker
- Buah langka yg kaya golongan vitamin B-kompleks. Nangka berisi jumlah yang sangat baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, dan asam folat.
- Buah nangka adalah sumber yang baik juga akan kandungan kalium, magnesium, mangan, serta besi. Kalium adalah komponen utama dari sel dan cairan tubuh yg menolong mengontrol detak jantung dan tekanan darah

Dengan segala keuntungan yang kita peroleh dari buah nangka. Membudidayakan buah nangka sebagai komoditi ekonomi yang menguntungkan. Dalam membudidayakan tanaman buah nangka supaya cepat membuahkan buah bisa dikerjakan dengan lebih dari satu langkah dibawah ini : penentuan bibit, buat persiapan Lahan Tanam, Menanam Bibit Pohon Nangka, menjaga Pohon Nangka.

prasyarat Tumbuh Buah Nangka


1. Iklim

Pohon nangka pas tumbuh di daerah yg memilki curah hujan tahunan rata-rata 1. 500-2. 500 mm & musim keringnya tidaklah terlalu keras. Nangka bisa tumbuh di daerah kering yaitu di beberapa daerah yg punyai bebrapa bln. kering lebih dari 4 bulan
cahaya matahari begitu diperlukan nangka utk meningkatkan fotosintesa & pertumbuhan, karna pohon ini termasuk intoleran. Kekurangan cahaya matahari dapat membawa dampak terganggunya pembentukan bunga & buah dan pertumbuhannya.
Rata-rata suhu udara minimal 16-21 derajat C & suhu udara maksimum 31- 31, 5 derajat C.
Kelembaban udara yg tinggi dibutuhkan untuk kurangi penguapan.

2. Media Tanam

- Pohon nangka dipelihara di berapa jenis tanah, tetapi lebih senang pada aluvial, tanah liat berpasir/simak berlempung yg dlm & beririgasi baik.
- biasanya tanah yang disenangi yaitu tanah yg gembur & agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus hingga subur dengan kondisi reaksi tanah asam hingga alkalis.
- bahkan juga pada tanah gambutpun pohon ini mampu tumbuh & menghasilkan buah.
- Pohon nangka tahan terhadap pH rendah (tanah masam) dengan pH 6, 0-7, 5, akan tetapi yg optimum pH 6–7.
- Kedalaman air tanah yg sesuai buat perkembangan nangka adalah 1-2 m atau pada 1-2. 5 m. Karena perakarannya sangatlah dalam, jadi seharusnya ditanam pada tanah yg cukup teball susunan atasnya (kurang lebih 1 m).

3. Ketinggian Tempat

Pohon nangka mampu tumbuh mulai dari dataran rendah sampai ketinggian tempat 1. 300 m dpl. Namun ketinggian tempat yang paling baik untuk perkembangan nangka yaitu pada 0-800 m dpl.

di bawah ini adalah bebrapa stage dalam budidata tanaman buah angka biar mamapu berbuah.

Pemilihan Bibit


Pada Tahapan ini, Bibit mesti berasal dari type atau varietas yg unggul (produksi tinggi, buah berkwalitas baik, berumur panjang & tahan terhadap hama & penyakit). Bibit harus sehat yg bisa dilihat dari sosoknya yg kokoh, batangnya kuat, lurus & tumbuh tegak, percabangan banyak juga daun bagian atas berwarna hijau fresh & mengkilap. Proses pemilihan bibit tambah baik menentukan bibit dari hasi cangkok, okulasi dan stek. karena bibit tanaman buah nangka jenis ini punyai kelebihan dengan lebih cepat berbuah.

Pengolahan Media Tanam



Faktor-faktor yg pengaruhi perkembangan tanaman nangka seperti gulma, genangan air, susunan juga alur struktur tanah mesti dibenahi/dikendalikan. Hal yang perlu di perhatikan dalam bagian penyaiapna media tanamn diantaranya :

– Pembentukan Bedengan
Ukuran bedengan bermacam tetapi biasanya dipakai pada 5 x1 m atau 10 x 1 m. Bedengan membusur arah Utara ke Selatan & pinggirnya diperkuat dengan bambu, batu merah, atau kayu serta permukaannya ditinggikan 10-15 cm dari atas permukaan tanah.
Antar bedengan berjarak 0, 45 m & setiap 5-10 m bedengan di buat jalan kontrol seputar 60-100 m. Saluran air di buat selama kiri kanan kontrol.

Bedengan diberi naungan dengan atap nipah atau sarlom. sisi yg menghadap ke timur di buat lebih tinggi daripada yg menghadap ke Barat. Dalam bedengan disusun kantong-kantong plastik yg telah diisi media tumbuh & telah diberi lobang-lobang kecil pada sisi bawahnya. Media tumbuh yg digunakan paduan tanah lapisan olah, pupuk organik, & pasir halus dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Ukuran kantong plastik yg dimanfaatkan 20 x 30 cm dengan tebal 0, 08 mm & berwarna hitam.

– Pengapuran
jika pH tanah berwujud terlampau asam atau basa jadi butuh dikerjakan sebagian usaha supaya nangka bisa tumbuh & memberi hasil yg terbaik. seandainya sangat asam (pH5) mampu ditambahkan kapur, jikalau terlampau basa (pH7) bisa ditambahkan belerang. Dosis yg dimanfaatkan tergantung pada keadaan tanahnya tapi sebagai patokan 1 kg kapur atau belerang untuk 1 m 3 lobang tanam.

– Pemupukan
Pada lobang tanam, tanah hasil galian di gabung dengan pupuk kandang 20 kg/lubang & dolomit 0, 5 kg/lubang (utk menambah pH). Tanah gabungan ini dimasukkan ke lubang 2-3 minggu sebelum penanaman. 1 minggu sebelum tanam berilah pupuk NPK (15-15-15) 100 gram ke dlm lubang penanaman.

Teknik Penanaman



– pemilihan alur Tanam
Pohon nangka yg dipelihara di kebun buah jarak tanamnya 8 – 12 m, dalam alur sisi empat atau segi enam : kepadatan yang umum merupakan 100-120 batang/ha. Jarak tanamnya antara lobang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m. 2) Pembuatan Lobang Tanam Lubang tanam dibuat dengan ukuran 0, 5 x 0, 5 x 0, 5 m atau 1 x 1 x 0, 5 m. pada waktu penggalian lubang tanam, tanah bagian atas dipisahkan dari tanah bagian bawah. Tanah bagian atas di gabung dengan pupuk kandang yg sudah masak sebanyak 20 kg per lubang. Lubang tanah yg udah digali dilewatkan terbuka selagi 1-2 minggu, biar mendapat cahaya matahari makanya teroksidasi dengan baik. buat menjauhkan hambatan tanah asam, tanah galian dicampur dengan dolomit/kapur pertanian sekitar 0, 5-1 kg per lubang tanam & tanah gabungan ini dimasukkan ke dlm lubang 2-3 minggu saat sebelum penanaman. utk tanah yg terlalu berat, terkecuali pemrosesan tanah dapatlah ditambahkan pasir banyak 0, 5 kaleng per lubang. satu minggu sebelum tanam berilah NPK (15–15– 15) 100 gram ke dlm lubang penanamn jika perlu. Bibit hasil semaian atau okulasi ditanam tegak & kuat ke dlm tengah lubang penanaman. Jarak antara lubang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m.

Cara Penanaman



Penanaman dilaksanakan sore hari atau pagi hari pada permulaan musim penghujan yakni selagi curah hujan sudah cukup merata. Bibit ditanam pada lubang yg sudah tersedia, tegak lurus. sebelum saat bibit ditanam, kantong plastik harus dibuang. bila penanaman dilaksanakan diluar musim penghujan atau karena adanya kelainan iklim, yakni musim hujan mendadak berubah jadi kemarau lagi, jadi bibit yang sudah ditanam butuh disiram secara teratur.

Pemberian mulsa di kurang lebih pohon nangka benar-benar butuh ; terlebih ketika musim kemarau utk meningkatkan kelembapan tanah. akan tetapi pada musim hujan mulsa tidak diperlukan lantaran mampu mendatangkan serangan jamur. Mulsa juga dapat dimasukkan ke dlm tanah jadi pupuk organi, pemberian dua kali per th. sangat menopang perkembangan tanaman. Pemberian pupuk pabrik majemuk dikerjakan di Malaysia dengan dosis 2-3 kg per pohon.

Pemeliharaan Tanaman



– Penjarangan & Penyulaman
Penyulaman tanaman yang mati dilaksanakan saat hujan masih turun di th. pertama & tahun ke-2.

- Penyiangan
Penyiangan atau membebaskan tanaman dari serangan gulma atau tumbuhan pengganggu dikerjakan melalui langkah membersihkan gulma secara manual/kimia dari tanaman nangka dengan radius 1-2 m. Pengendalian gulma secara kimiawi menggunakan herbisida semisal Paracol 1, 5 liter dlm 600 liter air per ha atau Roundup 2-3 liter dlm 800 liter air/ha. Penyiangan pertama dijalankan 1-2 bulan sesudah penanaman, selanjutnya tiap-tiap 2-4 bulan ditunaikan selama 2-3 th.. Penyiangan dikerjakan melalui langkah manual atau kimiawi.

– Pemupukan
Pemberian pupuk organik bersifat pupuk kandang atau pupuk kompos 1-2 kali 1 tahun banyak 20 kg per tanaman. Pemberian pupuk anorganik dijalankan satu minggu sehabis penanaman dengan dosis 100 gram NPK per tanaman. Pemupukan kedua pada usia 6 bln. dengan dosis 150 gr NPK per tanaman. Pemupukan ke tiga dilaksanakan pada tanaman umur 12 bulan dengan dosis 200 gr per tanaman. Pemupukan ke empat pada usia 18 bulan dengan dosis 250 gr per tanaman & pemupukan ke lima dikerjakan pada tanaman umur 24 bulan dengan dosis 300 gram per tanaman. sesudah itu bagi tanaman yg sudah berbunga pada lahan tdk subur dapat ditambahkan pupuk organik 650 gram/pohon.
untuk menambah tanaman dibutuhkan penambahan pupuk daun manfaat merangsang pembentukan daun. Pemberian pupuk daun dikerjakan selang 2 minggu hingga tanaman umur 17 bulan. model pupuk daun yg dimanfaatkan Gandasil D/Bayfolan.

– Pengairan & Penyiraman
Tanaman nangka memerlukan drainase yg baik. Pengairan ini dibutuhkan untuk tingkatkan produktivitasnya. Tanaman nangka punya perakaran dalam, tdk membutuhkan penggenangan pada waktu musim kemarau lantaran tanaman nangka kurang toleransi pada genangan. Akarnya masihlah bisa meyerap air pada tanah yg dalam. Pemberian air tambahan dibutuhkan selagi dua tahun pertama pertumbuhannya.

– Pemeliharaan Lain
Pemangkasan dijalankan pada bagian tanaman yg tak subur & tidak produktif. Pemangkasan cabang dijalankan terhadap pohon nangka yg bertema rimbun supaya sinar matahari tidak terhalangi hingga merangsang perbungaan. Pemangkasan dibatasi pada penjarangan pucuk waktu pohon mulai ditanam & sedikit pemotongan dahan-dahan yg punya kandungan buah supaya membantu meraih buah utk dibungkus & lalu dipanen. Pemangkasan cabang dimaksudkan utk mengatur pembuahan, dikarenakan bunga betina keluar pada batang paling utama atau cabang primer. Perangsangan pembungaan dijalankan melalui langkah melukai, mengebor/mengikat batang. Tujuan perlakuan buat menghambat hasil asimilasi daun supaya tak meyebar ke seluruh bagian tanaman, akan tetapi utk merangsang pembungaan. supaya buah nangka akhirnya baik & besar, kerjakan penjarangan buah. Buah yg mulai membesar bungkuslah dengan kantong/kertas semen yg sudah dicelupakan ke larutan insektisida. Tindakan ini bisa menghalangi serangan tikus atau kelelawar, & memikat semut yg sanggup mengusir serangga beda makanya diperoleh buah yg kulitnya mulus & cerah.

Panen Nangka


Bibit buah nangka hasil okulasi mau menghasilkan buah pada umur 3-4 tahun. Pemanenan dilakukan jikalau buah udah masak yg ditandai dengan keluar bau harum dan ukuran duri-duri pada kulit nangka telah mulai membesar. Hasil buah per tahun per pohon bermacam umumnya kira-kira 8-12 buah/pohon/tahun.


Cara Pohon Nangka Melindungi Diri


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bibit Kaliandra

Harga Glodokan Parkit

Harga Tanaman Glodokan