Mamfaat Pohon Damar

Mamfaat Pohon Damar


Mamfaat Pohon Damar - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, ialah satu diantara pohon asli Indonesia dan penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang lantas diolah jadi kopal serta jadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) adalah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. akan tetapi kini sudah dibudidayakan di berapa tempat beda termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan makna damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai buat penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh sejumlah pohon dari genus Shorea serta Hopea. dan getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering disebut yaitu kopal. diluar itu, pemakaian istilah kayu damar jadi dimanfaatkan utk penyebutan kayu dari pohon type Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

pembawaan pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran dapat menggapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa mencapai lebih dari 1 meter. area luar kayu mau ditumbuhi oleh beraneka tipe pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar memiliki sifat bentuk lonjong dan meruncing di bagian ujung kecil dengan ukuran seputar 2 hingga 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm buat diameter.


Mamfaat Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Mamfaat Pohon Damar


Mamfaat Pohon Damar


Damar atau resin untuk beberapa orang merupakan salah satu zat asing yang mungkin saja pemakaiannya tak dapat disadari dengan cara segera. secara prinsip ada dua tipe resin yg dihasilkan dari pohon damar, yakni tipe resin yang padat serta cair. Resin padat sebetulnya berasal dari resin cair yg telah menguap. Resin padat tidak punya aroma yang unik seperti type resin cair. di bawah ini yaitu lebih dari satu faedah damar.

1. jadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar dapat dimanfaatkan menjadi di antara bahan utk hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar miliki sifat serta pembawaan yg dapat membuahkan bubuk kertas berkwalitas. Bahkan tipe bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar mempunyai tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat utk bahan bikin kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi Produk Industri

Damar juga banyak dijadikan tanamam pertanian buat di ambil getahnya. Getah damar juga akan di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah dapat dibiarkan menumpuk dan jadi kering pada tempat teristimewa. Luka sayatan untuk keluarkan getah mau dibuat tiap tiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. selanjutnya getah yang telah mengering bakal diambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yang dibuat dari pengolahan getah banyak dipakai untuk buat beraneka produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar miliki pembawaan pohon yang enteng ditemukan dan dapat ditanam dimanapun. Selain itu ukuran pohon yg telah besar biasanya dapat membuat perlindungan kerusakan tanah serta menahan kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang telah mengeras juga dikembangkan menjadi obat untuk penyakit masalah memori. Amerika jadi di antara peneliti yang mengambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar punya salah satunya tipe enzim yang dapat menjadi penghubung buat melakukan perbaikan memori serta menambah rasa nyaman untuk pasien penyakit problem memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga memiliki kandungan di antara senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan efek yg sangat besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa diketemukan dalam pohon damar sehingga getah damar dapat menjadi obat yang benar-benar ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar bisa pula menjadi satu diantara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti style bahan bakar beda. Bukan kemungkinan kecil suatu waktu bisa terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

type recin cair banyak dimanfaatkan jadi salah satu komponen resin aromatik. Produk ini bisa dijadikan buat membuat obat spesial utk menghambat nyamuk, obat – obatan utk jamur dan beragam model produk beda.

8. Obat tradisionil

Pada era dahulu orang tua sering pakai damar sebagai tanaman obat buat mengatasi beraneka jenis penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, problem pada telinga dan juga sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih di kembangkan menjadi obat-obatan termasuk obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak pula dipakai sebagai diantara satu bahan pewarna alami. Batik tradisionil seringkali memanfaatkan bahan damar untuk obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar pula banyak diserap industri untuk bikin cat, lilin serta bermacam bahan pewarna lain.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yg ditemui dari pohon damar benar-benar punya kegunaan yang benar-benar besar buat industri. Resin atau damar banyak dimanfaatkan jadi bahan industri termasuk juga zat pewarna serta bermacam model obat-obatan. dibawah ini yaitu berapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada intinya resin adalah bahan yang benar-benar aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tdk berefek pada lingkungan serta enteng dikendalikan. cost industri utk pemrosesan damar atau resin termasuk dalam biaya yg rendah jadi bisa memberi dukungan perkembangan industri. karakter kimia serta mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga pula untungkan buat lingkungan makanya dapat diperkembang.

Resin atau damar masih tetap bisa diperkembangkan jadi berbagai type obat-obatan yang berfaedah utk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan tempat

tempat yang pas buat tumbuhnya pohon damar yaitu ruangan pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang tahun, dan memiliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dijalankan dari biji atau dari anakan yang ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diprioritaskan karna mutunya tambah baik. untuk pembibitan lewat biji, dibutuhkan biji tua berkualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag berukuran ½ kilo yang telah di isi dengan tanah yg subur dan di beri pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan agar media semai tdk cepat kering dan benih bisa tumbuh secepatnya. Perawatan dilakukan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, butuh dikerjakan seleksi bibit yang tidak dapat tumbuh dengan baik. Setelah berumur kira-kira 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat ditunaikan melalui langkah tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, butuh dijalankan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh sebab itu, harus disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. rata-rata dimanfaatkan akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma miliki sifat sementara kurang lebih 2 tahun. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini sanggup diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan dimuka musim hujan yang merupakan waktu baik buat menjamin ketersediaan persediaan air jadi bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman mesti nyata-nyata diambil bibit yang siap tanam dengan keadaan yg baik. Penanaman harus ditunaikan dengan hati-hati biar bibit tdk rusak, lebih-lebih kala menyobek polibag agar jangan sampai merusak akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, dilakukan sesuai dengan kepentingan tanam tanaman sela yg diseleksi. penentuan tanaman sela harus dikerjakan dengan mencermati perputaran tanaman. system tumpang sari sesuai sama ini dapat memberi faedah lebih pada petani karena dapat beroleh penghasilan dari tanaman sela selagi menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dijalankan adalah penyulaman kalau ada pohon yang mati dan penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilakukan diawal masa tanam hingga lebih dari satu minggu. Untuk penyiangan gulma, pada dasarnya cuma diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta telah tidak terganggu kembali oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada disekelilingnya. akan tetapi semakin lebih baik bila penyiangan dilaksanakan lebih rutin supaya lantai rimba lebih bersih hingga semakin lebih mudah dalam perawatan tanaman sela dan juga kala panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela kebanyakan tidaklah terlalu lama, kisarannya yaitu umur 4 tahun. Selagi masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidak perlu diberi pupuk. sehabis tidak ada tanaman sela, baru diberikan pupuk buat menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan terbaik.


Mamfaat Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bibit Kaliandra

Harga Glodokan Parkit

Harga Tanaman Glodokan